Penjelasan Umum “TAKUMA” Boiler

Takuma

Boiler takuma ada beberapa type N & NS dengan bahan bakar sisa kayu, bagasse, kelapa sawit dll. Ketel ini dirancang dengan sistim balanced draft dan sirkulasi natural. Ketel ini dalah type dengan konstruksi dinding dapur ng sama sekali didinginkan dengan air yang dapat menyerap panas radiasi secara effective dalm dapur pembakaran ( combustion camber), hingga mempunyai efisiensi yang tinggi dan sangat fleksible terhadap fluktuasi beban.

Ketel dengan konstruksi sederhana, kokoh dan compact ini menjamin kemudahan dalam pengoperasian dan pengamanannya, dengan factor keamanan yang tinggi, sehingga mempunyai umur ekonomis yang relatif panjang. Perlengkapannya yang berkualitas tinggi menjamin kemudahan dalam operasi, pemeliharaan dan inspeksinya.

Konstruksi dan perlengkapannya.

Badan ketel dan dapur pembakaran (boiler proper dan combustion chamber)

1. Susunan pipa – pipa air.

Pipa-pipa air (water tube) diklasifikasikan kedalam pipa-pipa air boiler proper, pipa-pipa air combustion chamber dan pipa pipa air yang tidak dipanasi (pipa down comer) pipa pipa tersebut terhubung dari drum atas dan drum bawah dengan pembesaran (expanding)

Kedua ujung pipa pipa air boiler proper yang di susun tegak lurus antara drum atas dan drum bawah itu di tekuk dan dihubung di kedua drum tersebut. Pipa pipa itu di susun sedemikian untuk menambah perpindahan panas secara kontak langsung. Pipa pipa air combustion chamber dibagi kedalam beberapa dinidng dinding pipa (tube walls).

Pipa pipa air tersebut adalah pada dinding atap , dinding bagian depan, dinding bagian samping , dinding bagian belakang dan dinding baffle (baffle wall) yang memisah combustion chamber dengan boiler proper. Pipa pipa pada dinding samping, dinding belakang dan beberapa pipa di dinding depan di susun dengan jarak (pitch) yang sesuai, membangun satu dinding air yang sempurna sebagai satu penutupan / batasan dapur untuk menyerap secara efektif panas radiasi di dalam combustion chamber dan menghindari kehilangan panas.

2. Boler supporting structure.

Drum atas dan drum bawah juga beberapa pipa pipa air di dukung oleh support lower drum yang berbentuk setengah bulatan (cradle), dan beberapa pipa pipa air didukung oleh setiap header dalam susatu design sehingga semuanya menjadi fleksibel terhadap pemuaian atau penyusutan akibat perubahan panas.

3. Konstruksi combustion chamber.

Combustion chamber, seperti terlihat di gambar 2-1 terdiri dari dapur utama (primary furnace) dan dapur kedua (secondary furnace) pada primary furnace dipasang dengan roster dan firegrate.

4. Alur gas pembakaran.

Gas pembakaran (combustion gases) masuk ke susunan pipa pipa air di boiler proper dari dapur utama (primary furnace) dan langsung masuk ke dust collector (penangkap abu) lalu ke cerobong asap.

5. Sirkulasi dari ketel.

Air pengisi masuk ke dalam drum atas melalui feed water inner tube (pipa air di dalam drum atas), untuk air pengisian dan akan bersirkulasi menurut sistem sbb :

Air pengisi pertama di supplay untuk badan ketel (boiler proper) yang terpasang pada daerah temperatur rendah, kemudian turun ke pipa air untuk badan ketel yang terpasang pada daerah temperatur tinggi, lalu menyerap panas melalui permukaan pemanas. Kemudian naik kembali sebagai campuran air dan uap, lalu turun melalui pipa down commer dan masuk ke pipa air yang terpasang dalam dapur pembakaran, dimana akan menyerap panas radiasi secara effective dalam perjalanannya yang naik kembali ke atas.

6. Pemisah air dan uap.

Dalam drum atas terpasang plat penyangga dari besi dan pemisah air/uap untuk meningkatkan kekeringan dari uap.

7. Alarm level air tinggi/rendah : meer level & meter tekan.

Sistem alarm level air tinggi/rendah di pasang pada drum atas sekalian dengan meter level air (gelas penduga). Dan meter tekanan (pressure gauge) di letakkan pada tempat yang tepat yang dengan mudah dapat di lihat dari posisi mana ketel itu di operasikan.

8. Frame dan casing

Casing dari besi plat dipasang sebagai protektor untuk badan ketel dan dinding dapur pembakaran, serta alat pelindung dari udara luar dan mencegah masuknya air hujan pada bagian tertentu, structur frame di pakai untuk memperoleh kekuatan yang memadai.

9. Gang way dan operating plat form.

Gang way dan hand rail dipasang untuk mempermudah menuju ketempat mana, automatic regulator air pengisi, meter level air, kerangan-kerangan pada drum atas.

Takuma Boiler

Takuma Boiler


Automatic regular air pengisi

Automatic regular air pengisi terdiri control valve, control unit dan modulating control head (level sensor) dan pemipaan yang terhubung dengandrum atas mengatur jumlah aliran air dengan membuka dan menutup control valve sesuai dengan variasi level air dalam drum atas.

Mechanical soot blower (alat tiup abu mekanik)

Soot blower element (pipa) harus terpasang pada badan soot blower sebelum soot blower (peniup abu) dilakukan. Soot blowing dioperasikan dengan semprotan uap dari soot blower yang elemennya berada di susunan pipa pipa boiler. Soot blower type rotary (diputar) dapat dioperasikandari lantai, soot blower dirancang dengan spesial design agar masukan udara yang berlebihan dapat dihindari. Element soot blower yang dipakai untuk daerah temperatur tinggi di buat dari baja special agar tahan terhadap temperature tinggi.

Forced draft fan dan 2nd FD Fan

Satu unit forced draft fan dan satu unit 2nd FD fan yang dibuat oleh PT SAS dengan merek Chicago yang mendapat lisensi dari chicago amerika yang dipasangkan untuk mensupplay udara untuk pembakaran bahan bakar, pendingin roster dan penyebaran bahan bakar.

Induced draft fan

Induced draft fan yang di buat oleh PT SAS dengan merek chicago dengan type V belt atau direct coupling (dengan coupling) dipasangkan untuk menginduksi gas sisa dari bahan bakar kedalam cerobong dan menjaga tekanan dapur berada pada tekanan semulanya / tekanan yang di rencanakan.

Peralatan pembakaran

Dalam sistem pembakaran ini dapur primer dipasang dengan rooster yang di susun sedemikian rupa untuk meningkatkan efisiensi pembakaran.

Bahan untuk dapur

Badan ketel dan ruang pembakaran di tutup dengan batu tahan api yang berbentuk khusus batu tahan api biasa, batu insulasi serta lapisan insulasi lainnya dan di bangun sedemikian rupa untuk menjamin insulasi panas yang sempurna. Kualitas bahan tahan panas, insulasi dan elasticicty untuk pemuaian di pilih dan dipergunakan sesuai dengan kondisi tempat dimana bahan itu di pasang guna menghindari retak dan kerusakan yang mungkin timbul karena panas.

Dust collector

Gas-gas asap yang membawa jumlah abu ke cerobong asap terdiri dari abu-abu halus yang akan terbawa oleh gas asap dan akan menimbulkan polusi. Oleh sebab itu dipasang dust collector dan dilengkapi dengan daun kupu-kupu yang dapat menangkap abu-abu halus tersebut sehingga gas asap yang keluar kecerobong asap lebih bersih. Dust collector juga berfungsi untuk menambah daya tahan dan umur teknis pada blower induced draft fan.

 

Artikel Terkait :

Persiapan Pengoperasian Boiler Baru

Persiapan Pengapian

Pengapian dan Pengoperasian Boiler

Pengawasan Selama Boiler Beroperasi

 

26 Tanggapan

  1. Takuma is the best

    • klau berbicara harga Takuma memang kompetitif. tapi kalau berbicara kehandalan dan kestabilan steam mungkin masih perlu di komparasi dengan vendor lain macam yoshimine or vikers

  2. Dears Bapak, Boiler utk Sawit kapasitas 25 Ton merek takuma jenis Super Riped Berapa harnganya ?, terimakasih Salam Feri H

    • hal yang harus di pertimbangkan dalam menetukan kapasitas boiler adalah berapa konsumsi steam turbine yang kita butuhkan. untuk pabrik 25 ton TBS per jam dengan kapasitas turbine 1200 kW konsumsi steam adalah 18 – 22 bar maka boiler yang cocok adalah takuma N 650 SA. mengenai harga bapak bisa contak langsung ke marketing PT. SAS Medan. harganya mungkin berkisar 7.5 – 10 M.

  3. Harga 1 unit boiler N-650 mahal juga ya
    Tp knpa di lampung andalas gaji nya kecil pa?

    • masak sih. mungkin gaji home basic nya yg standart, coba ikut ke lapangan nangani project pasti 2 atau 3 kali lipan. kali aja gtu. ntar dech klo ketemu orang takuma saya tanyakan ? he….:) ayak ayak wae mas brow ini

  4. Soal ketangguhan Boiler Takuma saya aku, soalnya saya udah pernah jd operator beberapa vendor dan yg paling tangguh memang Takuma

  5. Untuk takuma120 ton pengaturan draught control -0.5 mmh2o atau -5 sampai -10 mmh2o?

  6. Kenapa air di drum air ∏yªª warna merah tua/ banyak warna karat

  7. Sy br pegang takuma,klo utk pengaturan pembakaran biar normal hrs gmn biar steam itu stabil……

    • Pembakaran tidak normal akan menyebakan tekanan steam tidak stabil (naik turun) dan operator harus di capekkan dengan mengumpan bahan bakar melalui tungku pembakaran.Hal hal yang menyebabkan pembakaran tidak normal antara lain :
      1. Temperatur Air pengumpan Boiler harus sesuai dengan standart yang di perlukan boiler kira2 105 C, jika kurang panas maka produksi uap bisa telat.
      2. Suplay bahan bakar dari distribusi Fuel Conveyor tidak normal misal : suplay bahan bakar kurang, Fibre terlalu basah, jumlah cangkang (shell) kurang, ada masalah dari Rotary Air Lock Boiler.
      3. pengaturan damper pada ID Fan dan FD Fan sehingga pembakaran tidak merata. berhubungan dengan control dan inverter.

  8. Maaf pak sebelumnya,
    bukan bermaksud membuka kartu perusahaan, hanya meluruskan. Bahwa untuk penghasilan orang lapangan tidak seperti yg di sampaikan bapak ivan, hingga mencapai 2 atau 3 kali lipat dari basic.

  9. Pak, kapasitas di PKS kami adalah 45 ton, type apa yang sesuai untuk Boiler TAKUMA bila kapasitas pks kami naikan menjadi 90 ton. please advise nya

    • Pemakaian Uap u/n POM dengan tripple peak pd sterilizer adl 60% uap/ton tbs. 90 x 0.6 = 54 ton uap/jam. untuk takuma type N 1300 hanya 45 t/h. jadi POM 45 extend to 90 ton menggunakan boiler 2 x N 750. atau untuk lebih jelasnya silakan bapak hubungi prinsiple dari PT. SAS Medan sebagai Pemasok Boiler TAKUMA.

  10. Pak, bagian boiler yang di sebut org dengan sebutan pendulum yg mana? mohon penjelasannya

  11. Penjelasan yang menarik Pak untuk Takuma Boiler,
    sebagai informasi bagi yang menggunakan type boiler Fluidize Bed Combustion ataupun Circulating Fluidize Bed Combustion dengan bahan bakar batu bara, dan mengalami permasalahan di wall tube boiler karena pengikisan, kami bisa bantu untuk memberikan solusinya dengan methode thermal spray Coating.

    Mohon jangan sungkan untuk menghubungi saya di : +62 81 281 837 577 atau di email : eko.yt@id.frontken.com

    Salam.

    Eko Yulianto.

  12. Cara peng hematan bahan bakar untk boiler tipe N900R..bgai mana pak,,,?
    Dan pemakain bhan bkar nya untk stem normal 22 bar itu berapa ton/jam nya.?

  13. Mohon info apakah boiler takuma pernah diaplikasikan untuk power plant projek di Indonesia Dan dimana? . Bila ya mohon info type Dan kapasitas boiler yg berapa untuk menjalankan turbine yg dapat menghasilkan 10 MW listrik ?. Trims .

    • Boiler takuma diproduksi PT. SAS medan under license jepun dan Chicago Fan under license amrik. Design ntk bahan bakar kayu, fiber dan cell sawit. Ntk skala besar power plant PLTU PLN biasa pakai batu bara atau PLTG Gas

    • Boiler Takuma ada yg sudah di aplikasikan untuk power plat memakai Type N-2200 kapasitas steam 75 ton, menghasilkan listrik 15 MW dan telah di aplikasikan di PT. Growth Sumatera 6 unit. pertama kali di pasang di growth sumatera tahun 2008.. sekian info dari saya, kalau ada yg salah ataupun kurang mohon maaf.

  14. selamat sore pak ivan, mohon info produck specifications Takuma N-1300 dan n-2200. kami sedang mendesain sistem heat recovery untuk penghematan listrik. terima kasih pak ivan. email : diandra_hanif@yahoo.com

  15. mau tanya..cara perhitungan untuk dosing pump phospat rumusnya gmna ya..agar phospat masuk limit/ standartny

  16. Kami pt.purnawa boiler teknologi Butuh boiler 80 Ton Perkiraan tekanan 30bar.bahanbakar bagase dipasang di cinta manis palembang.
    Penggerak pompa boiler turbin uap.satu. dan motor listrik satu.idf dan FDF pakai motor. pekerjaan sipil dilakukan oleh purnawa boiler.

    Terimakasih
    Ir. Junaidi
    082245790999

  17. mau nanya gimna cara menghitung efisiensi boiler takuma 1000 N

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: