Tepian Langsat

Terletak di sebelah barat kecamatan bengalon, dengan luasan lebih dari satu (1) juta hectare. Desa Tepian langsat merupakan salah

Tepian Langsat

Tepian Langsat

satu desa yang terluas dikecamatan Bengalon dan menjadi tujuan transmigrasi. Meski merupakan Desa yang berumur cukup tua dikecamatan bengalon ini, tidak membuat Tepian Langsat menjadi salah satu desa yang maju dibanding dengan desa-desa yang lainnya. Perpindahan penduduk dari tepian langsat ke sepaso kurang lebih 15 tahun yang lalu membuat perkembangan ditepian langsat terkesan cukup lamban.

Pola kehidupan yang bergantung dengan hasil alam dan hutan merupakan mata pencaharian utama bagi masyarakat. Bertani, mencari binatang buruan/jerat, sarang burung wallet, madu, bekerja kayu, nyadap aren (membuat gula merah), serta mencari ikan merupakan usaha yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan mereka sehari-hari.

Sejak di bukanya perkebunan kelapa sawit sekitar tahun 2008, bertahap desa ini mulai berkembang. Penduduk yang mengandalkan transportasi sungai kini dapat mengakses Jalan perkebunan untuk pergi ke bengalon maupun kota lainnya. “Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) Tepian Langsat” yang beroperasi sejak Desember 2011 membawa roda perekonomian desa semakin bergerak. Usaha mikro seperti warung kopi, air bersih, toko sembako mulai berdiri di setiap rayon pemukiman perkebunan. Truck pengangkut Tandan Buah Segar Kelapa sawit dan Truck Tangki CPO datang dan pergi menghiasi jalan tepian langsat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: