Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU)

Pendahuluan.

Instalasi Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) adalah merupakan Instalasi yang berfungsi menerima’ menimbun dan menyalurkan Bahan Bakar Minyak dan Non Bahan Bakar Minyak dalam pelayanan di Bandar Udara untuk menunjang operasi pelayanan pengisian bahan bakar pesawat. Fasilitas pengisian bahan bakar pesawat menurut tipenya sekarang terdapat 2 (dua) tipe pengisian yaitu pengisian menggunakan jalur pipa (pipeline) dibawah apron atau menggunakan mobil truck bridger dari fuel farm menuju apron. Penggunaan jalur pipa (pipeline) dibawah apron banyak digunakan pada Bandar Udara Besar yang mempunyai tingkat kesibukan penerbangan yang cukup tinggi sedangkan untuk penggunaan mobil bridger biasanya digunakan pada bandar udara kecil yang mempunyai tingkat kesibukan penerbangan yang tidak terlalu tinggi.

Scope.

Bahan bakar penerbangan harus disediakan untuk pesawat yang beroperasi ke / dari Bandara Internasional Oecussi. Pesawat-pesawat ini akan berkisar dari jetliner penumpang jarak menengah sampai pendek dengan penerbangan charter jarak jauh berbadan lebar sesekali dan diasumsikan bahwa pesawat umum yang digerakkan oleh piston. Penerbangan umum menuntut bandara ini untuk tujuan bisnis.

3D DRAWING FUEL FARM DEPOTFigure1. Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) / Fuel Farm Depot 3D Drawing

Untuk memenuhi kebutuhan ini, Bandara Internasional Oecussi dilengkapi dengan depot bahan bakar avation, dan dirancang untuk memenuhi standar penerbangan terbaik dalam hal keselamatan dan perlindungan lingkungan. Perlengkapan untuk melayani konsumsi bahan bakar penerbangan adalah sebagai berikut:

  • Aviation fuel depot area – 600m2 (20m x 30m)
  • Storage Tank 80,000 Litres of aviation Fuel Jet A-1 (ø3.8×7.1m)
  • Storage Tank 3,000 Litres of AVGAS 100LL (ø2.28×1.4m)
  • Adequate and dedicate pump, filter & water separate system
  • Unloading area from refinery
  • Loading area to aviation Fuel system & Ground Support Fuel
  • Fire fighting system internal of Fuel Farm
  • Offices (20m2)
  • Control post (3m2)
  • Landside access from security gate
  • Perimeter fence

Ada dua jenis bahan bakar penerbangan yang digunakan di Bandara Internasional Oecussi. Bahan bakar Jet, aviation turbine fuel (ATF), atau dikenal sebagai avtur, jenis bahan bakar penerbangan yang dirancang untuk digunakan di pesawat yang ditenagai oleh mesin turbin gas. Avgas (aviation gasoline), bahan bakar penerbangan yang digunakan dalam mesin pembakaran internal percikan api untuk mendorong pesawat. Avgas dibedakan dari mogas (motor gasoline), yang merupakan bensin sehari-hari yang digunakan dalam kendaraan bermotor dan beberapa pesawat ringan.

Specification :

  1. Avtur Tank

Tanki Avtur 2 x 40 cubic

Figure2. Avtur Tank 2 x 40 cubic metric made in BBI

MECHANICAL DATA SHEET :
NUMBER OF UNITS TWO
CODE &SPECIFICATION ASME VIII  DIV.1  ( Latest Edition )
FLUID HANDLED AVTUR
NOMINAL CAPACITY 43.6 m3
WORKING CAPACITY 40         (40000 liter) m3
FILLING RATE 32.732     (120 gallon(UK)/min) m3/h
DISCHARGE RATE 32.732     (120 gallon(UK)/min) m3/h
NORMAL PRODUCT HEIGHT 2364 mm
MAXIMUM TEST FILL HEIGHT 2900 mm
PRODUCT DENSITY @ T, P 775 kg/m³
PRODUCT VAPOUR PRESSURE 0.000105   (0.0015 psia) kg/cm2a
DESIGN PRESSURE FULL OF WATER + 700mm H2O kg/cm2g
DESIGN TEMPERATURE / MDMT 71 °C
OPERATING PRESS. ATMOSPHERIC kg/cm³a
OPERATING TEMPERATURE 35 °C
HYDROTEST PRESSURE 1.3 X MAP (N&C) kg/cm2g
CORROSION ALLOWANCE:
SHELL 3 mm
HEAD 3 mm
SHELL INSIDE DIAMETER 2900 mm
SHELL LENGTH (TAN / TAN) 6600 mm
TANK ORIENTATION HORIZONTAL
TYPE OF HEAD NON STD. FLANGED DISH HEAD
JOINT EFFICIENCY 85%
SHELL THICKNESS 10     (note 1) mm
HEAD THICKNESS 10     (note 1) mm
SUPPORT TYPE SADDLE
WIND VELOCITY (MAX) 2.8 m/s
SEISMIC FACTOR MODERATE (UBC ZONE 2A)

2. Avgas Tank

Avgas Tank pngFigure3. Avgas Tank made in BBI

MECHANICAL DATA SHEET :
NUMBER OF UNITS ONE
STANDARD API 650 LATEST EDITION
FLUID HANDLED AVGAS
NOMINAL CAPACITY 5.7     (5700 liter) m3
WORKING CAPACITY 3       (3000 liter) m3
FILLING RATE 2.182     (8 gallon(UK)/min) m3/h
DISCHARGE RATE 2.182     (8 gallon(UK)/min) m3/h
NORMAL PRODUCT HEIGHT 735 mm
MAXIMUM TEST FILL HEIGHT 1400 mm
PRODUCT DENSITY @ T, P 700 kg/m³
PRODUCT VAPOUR PRESSURE 0.50   (7.1 psia) kg/cm2a
DESIGN PRESSURE FULL OF WATER + 500mm H2O kg/cm2g
DESIGN TEMPERATURE 71 °C
OPERATING PRESS. ATMOSPHERIC kg/cm³a
OPERATING TEMPERATURE 35 °C
HYDROTEST PRESSURE FOW + 1.5 X DESIGN PRESS. kg/cm2g
CORROSION ALLOWANCE:
SHELL 3 mm
ROOF BOTTOM 3 mm
BOTTOM 3 mm
INSIDE DIAMETER 2280 mm
NOM. HEIGHT 1400 mm
TANK ORIENTATION VERTICAL
ROOF TYPE FIXED CONE ROOF, SLOPE 1 :5
BOTTOM TYPE SLOPE UPWARD 1 : 140 (note 12)
JOINT EFFICIENCY 85%
SHELL THICKNESS 6     (note 1) mm
ROOF THICKNESS 6     (note 1) mm
BOTTOM THICKNESS 8     (note 1) mm
ROOF UNIFORM LIVE LOAD 73.24 (lb/ft2) kg/cm2
WIND VELOCITY (MAX) 2.8 m/s
SEISMIC FACTOR MODERATE (UBC ZONE 2A)

3. Pump, Filter & water separate system

Bahan bakar Jet Penerbangan (Jet A-1), adalah pemindahan dari kilang ke Bandara Internasional Oecussi menggunakan kontainer truk, kemudian membongkar bahan bakar menggunakan pompa bongkar 10-PMP-01 A / B, kapasitas 120 GPM. Avtur memompa ke dua Tangki penyimpanan 10-TNK-01A / B yang masing-masing memiliki kapasitas 40.000 liter. Distribusi dari tangki Penyimpanan Avtur ke pompa pemuatan dilakukan bergantian. Pada saat satu tangki kosong maka tangki lainnya beroperasi. Flowrate dari pompa unloading ke tangki penyimpanan akan dipantau melalui flowmeter (PD Meter).

Pump & Filter System 6Figure4. Pump & Piping System of Fuel Farm Depot

Distribusi Avtur dari tangki penyimpanan ke truk distribusi menggunakan pompa pembuangan Avtur 10-PMP-02 A / B. Pompa pelepasan avtur terdiri dari dua pompa dan masing-masing memiliki kapasitas 120 GPM dengan konfigurasi satu beroperasi dan satu siaga. Jenis pompa yang digunakan adalah jenis sentrifugal.
Pada tahap yang tepat dalam transfer avtur dari kereta atau mobil tangki jalan ke tangki penyimpanan depot bandara dan dari tangki ini ke peralatan bahan bakar bergerak, ketentuan harus selalu dibuat untuk peningkatan dan pemeliharaan kualitas Avtur dengan menggunakan filtrasi, dan peralatan pemantauan seperti yang dipersyaratkan oleh prosedur kontrol kualitas yang diadopsi.
Aliran distribusi Avtur sebelum memasuki truk distribusi dipantau menggunakan flow meter (PD Meter).

Piping & FilterFigure5. Piping & Filter System of Fuel Farm Depot

4. Unloading System

Avtur Fuel System ConfigurationFigure6. Avtur Fuel System Configuration

Qty Description Product
3 Unloading flexible house OPW
3 Level Switch High JERGUSON
3 Level switch Low JERGUSON
2 Emegency push button MEDC
2 Earthing switch with clamp NEWSON GALE
2 Local control panel (LCP) WEIDMULLER
2 Manual valve with limit switch OPW
1 MCC ABB
4 EDS KILLARK
4 Pump VIKING
3 Fuel Tank BBI

5. Loading System

Avgas Fuel System ConfigurationFigure7. Avgas Fuel System Configuration

Qty Description Product
3 Fuel Tank BBI
3 Level Switch High JERGUSON
3 Level switch Low JERGUSON
2 Emegency push button MEDC
2 Rack Monitor CIVACON
2 Overfill sensor CIVACON
2 Earth clamp CIVACON
2 Local control panel (LCP) WEIDMULLER
2 Manual valve with limit switch OPW
1 MCC ABB
4 EDS KILLARK
4 Pump VIKING
2 Loading arm OPW

Sistem Perlindungan Kebakaran
Penanganan bahan bakar penerbangan, seperti halnya dengan semua produk minyak bumi yang mudah terbakar lainnya, memerlukan tindakan pencegahan khusus untuk mencegah bahaya dari emisi uap yang mudah terbakar.
1. Alarm Kebakaran
Perangkat suara yang cocok harus disediakan sebagai alarm kebakaran khusus. Suara harus jelas dapat dibedakan dari alarm lain dan harus diuji secara berkala.
2. Peralatan pemadam kebakaran
Peralatan pemadam kebakaran yang dapat diminum dan bergerak harus diletakkan di lokasi yang nyaman seperti yang dipersyaratkan oleh standar lokal atau nasional, dan harus menjalani inspeksi dan pengujian berkala, yang tanggalnya harus menjadi perekam baik pada peralatan atau dalam buku catatan harian yang dikelola untuk tujuan ini.
3. Pasir
Pasir kering adalah media yang nyaman untuk melawan merebaknya kebakaran kecil. Persediaan yang memadai dalam wadah tertutup dengan ember dan sekop harus ditempatkan di posisi strategis di seluruh depot

4. Peralatan Pemadam Api

Location Type Appliances required
Rail tank car discharge facilities Dry chemical 9 kg 1 unit between every 3 rail car discharge positions
Road-Bridger discharge and fueller loading racks Dry chemical 9 kg 1 unit for each vehicle position
Pump houses Dry chemical 9 kg 1 unit for up to 3 pumps

2 units for 4 or more pumps

Open pump platforms Dry chemical 9 kg 1 unit for every 3 pumps
Office Water 6L

CO2 5 kg

1 unit per 115m2 floor area. As necessary, to protect electrical equipment.

Sistem air kebakaran di area depot bahan bakar terdiri dari sistem dan komponen berikut:

  • Pompa air kebakaran

Pompa air kebakaran harus dirancang sesuai dengan NFPA untuk 150% kapasitas desain pada tidak kurang dari 65% tekanan operasi aliran desain tanpa kepala aliran ni lebih besar dari 120% tekanan operasi aliran desain. Pompa air kebakaran sekali mulai dijalankan sampai berhenti secara manual di pengontrol pompa.

  • Distribusi air kebakaran
  • Cincin api utama air
  • Sistem selang, hidran, dan monitor.

http://infopanduantrik.blogspot.com/2015/06/sistem-pengisian-bahan-bakar-pesawat.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: